MotoGP Tahun 2011 Adalah Cobaan Bagi The Doctor


Ducati Enggan Tiru Yamaha

Valentino Rossi memang belum nyetel bersama Ducati. Namun Rossi kembali menegaskan GP11 tidak akan meniru motor M1 milik Yamaha.

Hingga kini penampilan Rossi bersama Ducati memang sangat mengecewakan. The Doctor tidak mampu naik podium dari tiga kali balapan MotoGP yang sudah berlangsung. Tidak heran Rossi direncanakan menjajal motor racikan baru GP11 selepas balapan di Portugal.

Kabarnya Ducati menyiapkan sasis dan mesin baru di motor Rossi. Bobot poros mesin Ducati memang lebih berat, namun Filippo Preziosi memberikan kekuatan mesin sedikit ringan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa Rossi.

Sejak awal bergabung dengan Ducati, Rossi memang pernah membantah spekulasi yang mengatakan Ducati akan meniru karakter motor M1. Maklum, bersama Yamaha Rossi menjadi juara dunia pada 2008 dan 2009 lalu.

“Tidak, karakter Yamaha dan Ducati sangat berbeda. Karakter kedua motor sangat berlawanan,” demikian penegasan Rossi mengenai spekulasi akan meniru karakter motor milik Yamaha dilansir MCN, Jumat, 22 April.

“Kami akan meningkatkan performa Ducati dan membuat saya nyaman. Namun, karakter GP11 bila dibandingkan dengan M1. Jelas sebuah hal yang sangat berbeda,” ujar mantan bintang Honda dan Yamaha tersebut.

Termahal di Italia

Situs ESPN kemarin merilis mengenai atlet dengan bayaran termahal dari 182 negara. Mulai dari atlet sepak bola, bola basket, dan baseball.

Hebatnya, Rossi merupakan satu-satunya pembalap MotoGP yang masuk ke dalam daftar atlet bayaran termahal.

Bahkan, mantan bintang Honda dan Yamaha itu mengalahkan semua bintang sepak bola yang ada di Italia. Rossi mendapatkan bayaran USD20.800.000 atau setara dengan Rp179,9 miliar.

Wajar memang bila Rossi mendapatkan bayaran yang mahal. Pasalnya, The Doctor merupakan salah satu pembalap tersukses yang pernah ada di ajang MotoGP. Rossi sudah merengkuh tujuh gelar dunia MotoGP kelas utama.

Kendati demikian, bayaran yang didapat bintang asal Italia tersebut masih kalah dengan atlet lain. Mereka adalah petinju Manny Pacquiao (USD32.000.000 atau Rp276,8 miliar), atlet basbell Alex Rodriguez (USD32.000.000), pembalap reli Kimi Raikkonen (USD26.333.333 atau Rp227,7 miliar), dan atlet baseball Johan Santana (USD21.644.707 atau Rp187,2 miliar). (bs)