Pers Indonesia Berduka, Wartawan Senior, Haji Rosihan Anwar Meninggal Dunia


Wartawan senior Haji Rosihan Anwar meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Jakarta, Kamis pukul 08.15 WIB, karena serangan jantung.

Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, H Ilham Bintang mengatakan, informasi dari keluarganya menyebutkan, Rosihan Anwar, Kamis pagi masih disuapi oleh salah seorang putrinya, tapi kemudian merasa lemas.

“Anggota keluarganya kemudian segera membawa Rosihan Anwar ke rumah sakit MMS Jakarta,” kata Ilham Bintang ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Menurut dia, tiba di rumah sakit ketika dilakukan pemeriksaan medis, dokter menyatakan Rosihan Anwar sudah meninggal dunia.

Informasi dari keluarga, H Rosihan Anwar sebelumnya menjalani operasi “bypass” jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, pada 24 Maret.

Setelah dirawat secara intensif selama 20 hari di rumah sakit tersebut, dokter mengizinkan Rosihan Anwar pulang untuk berobat jalan.

Haji Rosihan Anwar lahir di Kubang Nan Dua, Solok, Sumatera Barat, 10 Mei 1922.

Ia meniti karir sebagai wartawan di Harian Indonesia Raya pada 1943, setelah menamatkan pendidikan AMS-A II di Yogyakarta pada 1942.

Rosihan Anwar konsisten sebagai wartawan dan menjabat Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat sejak 1983.