Dukungan Bagi Norman “Bollywood” Kian Luas


Briptu Norman juga diberitakan media asing. Dia mendapat julukan: ‘Polisi Bollywood”.

Norman Kamaru (antv)
VIVAnews — Video ‘Polisi Gorontalo Menggila’ berisi adegan joget dan lipsync lagu Chaiyya-chaiyya Briptu Norman Kamaru berhasil menarik perhatian masyarakat. Dukungan pun mengalir agar anggota Brimob Polda Gorontalo itu tak kena sanksi. Dan berhasil, Norman hanya dijatuhi sanksi teguran. Lihat videonya di sini.

Meski sanksi yang dikhawatirkan tak terbukti, dukungan terus mengalir ke grup-grup simpati untuk Norman Kamaru di laman jejaring sosial, Facebook. Grup ‘Satu Juta Mendukung BRIPTU NORMAN KAMARU’ hingga pagi ini mendapatkan 48.756 dukungan.

Sementara, video ‘Polisi Gorontalo Menggila’ yang diunggah ke Youtube sudah ditonton 740.286 orang, masih kalah jauh dari video lipsync ‘Keong Racun’ yang ditonton 6.560.002 kali.

Setelah lolos dari sanksi, kemarin, Norman Kamaru didaulat tampil menghibur sekitar 200 personel polisi dan Kapolda Gorontalo. Selain mengurangi jogetannya, Norman juga menyanyikan lirik Chaiyya-chaiyya berbahasa India diiringi tepukan tangan rekan-rekannya.

Dia bernyanyi fasih, lengkap dengan cengkok India. Jadi, Norman rupanya tak hanya sekedar bisa lipsync.

Kontroversi Norman tak hanya jadi perhatian media dalam negeri. Sejumlah media asing seperti Asia News Network, Straits Times, dan Yahoo News Malaysia melansir pemberitaan soal polisi kocak itu.

Yahoo News Malaysia, pada 5 April 2011, bahkan memberi julukan khusus untuk Norman, ‘Bollywood Cop’ alias ‘Polisi Bollywood’. Dan seperti di dalam negeri, para pembaca berita berjudul “‘Bollywood cop’ rocks YouTube” juga memberikan komentar positif untuk Norman.

Seorang pembaca, Hamed Al Johary menulis: “Apa salahnya menghibur diri sendiri. Okay, mungkin masalahnya dia memakai seragam, namun dia bergoyang hanya di depan teman-temannya. Diberi surat peringatan cukup. Menerima suap dan menyalahgunakan wewenang jauh lebih buruk dari ini. Jika bosnya tetap tak terima, mungkin pembuat film mestinya menarik dia dan menawarinya pekerjaan.”

Sementara, pembaca lain, Sumantics berpendapat, aksi Norman adalah untuk menghibur temannya yang bersedih. Selama dia tak meninggalkan tugasnya, tak masalah. “Saya pikir kita harus segera membuat petisi, agar SRK (Shahrukh Khan) bertemu dengan polisi berbakat ini.”

Aksi Norman juga mendapat dukungan warga India. “Saya orang India yang tinggal di Malaysia. Norman, YOUR ROCK!….Kami membutuhkan berita menghibur semacam ini,” tulis Paul.

Lagu Chaiyya-chaiyya yang dinyayikan Norman adalah sound track film Bollywood ‘Dil Se’ (1998). Aslinya dinyanyikan penyanyi India, Sukhwinder Singh dan Sapna Awasthi, lagu ini dipopulerkan oleh Shahrukh Khan and Malaika Arora.

Musical director dalam film ini tak lain adalah pemenang Piala Oscar 2009 untuk komposisi musiknya di film tenar, ‘Slumdog Millionaire’.

• VIVAnews