Bongkahan kapal London Trinity Diperairan Selayar”


Menurut keterangan salah satu penduduk lokal, dalam salah satu bongkahan besi yang pernah diangkat, dijumpai tulisan “london seriti”. Mungkinkah itu nama kapal tersebut? Tapi tentu saja kata seriti perlu dipertanyakan karena tidak ada dalam kamus bahasa inggris. Kemungkinan namanya “london trinity”. Jika dugaan ini benar, maka kapal tersebut jelas merupakan kapal inggris.

Berdasarkan jejak-jejak yang tersisa, kapal besi berukuran panjang lebih dari 75 meter itu jelas adalah kapal uap karena di sekitar bangkai kapal ditemukan batu bara dan arang yang mulai membatu. Dugaan ini dikuatkan oleh cerita penduduk bahwa sampai tahun 1980-an cerobong asap dari kapal tersebut masih mencuat ke permukaan laut. Banyak nelayan yang sering singgah atau menambatkan perahu di cerobong tersebut.

Dari onggokan kayu yang mulai lapuk, yang ditemukan di sekitar lambung kapal, menjadi jelas pula bahwa bagian sekat-sekat ruangan dan lantai kapal terbuat dari kayu. Sayangnya kami masih kesulitan merekonstruksi bentuk kapal tersebut karena yang tersisa tinggal bagian lambung kanan-kiri yang mana bagian bawahnya masih tertimbun pasir. Perlu penggalian untuk mengetahui bentuk kapal tersebut. (Sumber : http://unik.bilcyber.com/2010/05/25/pulau-harta-karun-selayar-pic)

Satu pemikiran pada “Bongkahan kapal London Trinity Diperairan Selayar”

  1. barangkali kapal tersebut telah mengalami pelapukan karena air laut dapatyg mengkaratkan suatu benda besi/logam,sehingga nama london trinity itu berkarat sehingga menjadi seriti

Komentar ditutup.