>Sulawesi-selatan Waspadai Gorontalo di Pra PON


>Tim sepak bola Sulawesi Selatan menyatakan bahwa Gorontalo merupakan tim yang patut diwaspadai pada babak Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Mei 2011.

Pelatih tim Sulsel, Ali Baba, di Makassar, Senin, mengatakan kewaspadaan itu mengingat Gorontalo memiliki pembinaan usia muda yang cukup baik. Persiapan tim Gorontalo menghadapi Pra PON juga dinilai lebih matang sehingga selayaknya diwaspadai.

“Saya mendengar Gorontalo sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelumnya. Kondisi itu tentu membuat tim mereka lebih matang sehingga perlu mewaspadai jika kita akhirnya bertemu,” katanya.

Selain Gorontalo, Sulawesi Utara juga kemungkinan bisa menjadi lawan yang tak mudah dikalahkan. Persiapan yang juga cukup matang kembali menjadi alasan tim Sulsel sehingga tidak mau menganggap enteng tim tersebut.

Mengetahui sedikit peta kekuatan calon lawan yang akan dihadapi pada kualifikasi nanti, pihaknya berupaya memanfaatkan waktu tersisa untuk mematangkan tim. Termasuk memilih pemain yang dinilai memiliki potensi besar meloloskan Sulsel ke PON Riau 2012 mendatang.

Tim Sulsel juga fokus metangkan tim dengan sejumlah laga uji coba. Sejauh ini, Sulsel telah menggelar sebanyak 10 laga uji coba menghadapi tim lokal Makassar ataupun beberapa daerah lain seperti Bulukumba dan Bantaeng.

Pihaknya juga berencana menggelar uji coba menghadapi sejumlah tim asal Jawa. Namun hal itu masih disesuaikan dengan kebutuhan, apakah memang perlu dilakukan atau sudah cukup dengan menghadapi tim lokal.

“Dari 10 kali ujicoba yang kita lakukan, sembilan diantaranya berhasil diraih dengan kemenangan. Namun itu bukan jaminan mengingat kualitas tim yang akan kita hadapi tentu memiliki kualitas lebih baik,” katanya.

Mantan pemain PSM itu menjelaskan, penampilan anak asuhnya sejauh ini memang cukup baik. Namun demikian, masih ada beberapa pemain yang belum menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan.

Sebagai antisipasi, pihaknya berharap bisa menggunakan beberapa pemain PSM U-21 untuk mengisi posisi yang masih lemah khususnya lini tengah dan depan.

“Jika ada dua atau tiga pemain PSM U-21 bergabung, tentu persoalan kita sudah bisa diselesaikan. Kami berharap mereka bisa bergabung mengingat ini merupakan kepentingan Sulsel,” katanya.(SUMBER : ANTARA News)