>Tidak Benar Berita Tribun Timur Yang Judulnya Warga Selayar Disebut Ketakutan Tsunami"


>

Isi berita Tribun Timur “Sejumlah warga di Kabupaten Selayar sempat was-was, Sabtu (19/3/2011) malam sekitar pukul 20.00 wita, karena isu tsunami.

Warga yang khawatir karena isu tsunami itu adalah mereka yang bermukim di Batangmata, yang merupakan ibu kota Kecamatan Bontomatene.

Isu itu muncul terkait fenomena alam yakni supermoon dimana bulan tampak bersinar sangat terang.

Isu itu menyebutkan, saat terjadi fenoma alam supermoon ini, air pasang laut lebih tinggi dari keadaan normal yakni 1,5 meter.(*)

Penulis : Samsul Bahri
Editor : Ina Maharani “

Bila melihat dan membaca berita diatas maka saya secara pribadi bertanya kepada penulisnya, apakah mereka itu berada di Selayar disaat menulis berita ini ? kalau mereka tidak melakukan pantauan langsung maka mereka tentu punya nara sumber. Siapakah nara sumbernya ? ujar Ardi Rahman, dari LSM Hijau. Pasalnya kami disini tidak pernah sedikitpun merasa was was dan malah kami semua ikut menunggu supermoon dipantai plaza marina. Sebagian dari kami berdiri dan ngumpul adalah warga batangmata dan semua ketawa setelah membuka laptop masing-masing dengan menggunakan free net telkom dan wireliss membaca berita tersebut. kami kasihan bila media sekelas tribun timur itu membuat berita bohong dan berita ditertawakan, ujar Ardi.

lain lagi yang disebutkan oleh Sigit bahwa berita bohong dari media tribun timur ini jadi bahan pembahasan diradio lokal dan banyak sms yang masuk dari pendengar batangmata mengatakan bahwa disini jangankan isu tsunami, informasi supermoon saja kami hanya dengar melalui radio elshinta yang direlay oleh station radio contrend. Dan kami menggunakan media tersebut sebagai penyampai informasi. kalau koran sudahlah, ada uang pasti terbit beritanya ” ujarnya.