>Disperindag Sosialisasi UU No 4 Tahun 2009


>Keyakinan Pemerintah kalau UU No. 4 Tahun 2009 tentang Minerba akan menggairahkan,
Kepala Dinas Perindag Pertambangan dan Energi, Basri Sulaiman melakukan sosialisasi UU No 4 Tahun 2009 TTG Minerba, Selasa (15/3) kemarin.

Basri Sulaiman menjelaskan, mineral dan batubara yang terkandung dalam wilayah hukum pertambangan Indonesia merupakan kekayaan alam yang tidak terbaharui. Karena itu, pengelolaannya harus dikuasai negara untuk memberi nilai tambah secara nyata bagi perekonomian nasional.
Disperindag Pertambangan dan Energi Takalar menghadirkan, Jen Andi Basri , Djemi Darmanto dan Abdullah sebagai pembicara. Mereka mengatakan, kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara merupakan usaha pertambangan di luar panas bumi, minyak dan gas bumi serta air tanah mempunyai peranan penting memberikan nilai tambah kepada pertumbuhan ekonomi nasional dan pembangunan daerah secara berkelanjutan.
Basri Sulaiman mengatakan, UU No. 4 Tahun 2009 dan PP No. 23 Tahun 2010 tentang Minerba adalah semangat untuk mensejahterakan masyarakat melalui tambang.
Aturan itu. memberi dorongan serta semangat merubah padangan terhadap lingkungan hidup.Sosialisasi sebagai upaya penyadaran menuntut hak gugat masyarakat terhadap usaha pertambangan yang merugikan lingkungannya.