>Tsunami Jepang Luluh Lantakkan Kota Pesisir Sendai


>       PRAY FOR JAPAN | Jumat  Maret  11, 2011 04:06 EST

Bahkan di negara terbiasa dengan tremor, gempa bumi besar Jumat di Jepang, dan tsunami itu dipicu, yang menakutkan berbeda.

air bergolak menyapu rumah, jalan raya dan mobil-mobil mengemudi pada mereka sebagai gelombang setinggi 10 meter menghantam pantai timur laut negara Pasifik setelah gempa berkekuatan 8,9, yang terbesar di hampir satu abad setengah.

Tsunami, hitam dengan tanah dan kental dengan puing-puing, sebagian terbakar, terendam tanah pertanian dekat kota pesisir Sendai, dan gambar televisi menunjukkan mobil upended naik-turun di dalam air. Perahu mengambang di laut pedalaman.

Gempa mengguncang gedung pencakar langit di Tokyo lebih jauh ke selatan, di mana jalan-jalan di sekitar stasiun kereta api utama yang dikemas dengan komuter terdampar setelah bis dan kereta api dihentikan.

“Mungkin yang terburuk saya merasa sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu,” kata wartawan Reuters Linda Sieg.

“Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja mereka,” katanya.

Gempa bumi yang umum di Jepang, salah satu daerah di dunia yang paling seismik aktif. Negara ini menyumbang sekitar 20 persen gempa bumi di dunia berkekuatan 6 atau lebih dan rata-rata, gempa terjadi setiap 5 menit.

Tapi gempa hari Jumat, datang beberapa minggu setelah kota Selandia Baru Christchurch hancur oleh gempa kuat, adalah petrifying.

“Aku takut dan aku masih takut,” kata Hidekatsu Hata, 36, manajer sebuah restoran mie Cina di daerah Akasaka Tokyo. “Aku tidak pernah mengalami gempa besar seperti sebelumnya.”

“Orang-orang sangat ketakutan yang sangat jarang terjadi karena orang di Jepang yang digunakan untuk gempa.. Hari ini sangat berbeda,” diposting Reuters Insider reporter Kei Okamura di Twitter.

Asagi Machida, web designer 27 tahun di Tokyo, sedang berjalan dekat sebuah kedai kopi ketika gempa melanda. “Gambar-gambar dari gempa Selandia Baru masih segar dalam ingatan saya sehingga saya benar-benar takut. Aku tak bisa percaya seperti gempa bumi besar yang terjadi di Tokyo.”

kantor berita Kyodo melaporkan 14 kebakaran pecah di Tokyo setelah gempa, dan kilang di Chiba, di luar ibukota, juga terbakar.

Ratusan orang tumpah keluar ke jalan-jalan di Tokyo setelah gempa, dengan orang banyak berkumpul di depan televisi di jendela toko untuk rincian tentang gempa. Beberapa penumpang di jalur kereta bawah tanah di Tokyo menjerit dan meraih penumpang lain.

“Aku berlari keluar dari kantor saya. Aku agak panik dan meninggalkan ponsel saya dan barang,” kata Aya Nakamura, seorang pekerja kantor di Tokyo.

“Anda melihat crane di atas itu bangunan tinggi dalam pembangunan saya pikir? Mungkin jatuh dari gedung karena semua bangunan di sekitar saya gemetar parah,” katanya, berdiri dengan rekannya di jalan.(sumber : Reuters)