>Zainuddin : Mari Jaga Kelestarian Terumbu Karang Selayar


>ST.  Program Coremap, adalah program yang diprakarsai pemerintah pusat bekerjasama dengan Work Bank, yang bertujuan untuk melindungi, merehabilitasi dan memanfaatkan secara lestari terumbukarang Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesejagteraan masyarakat.
Tahun ini, program Coremap Fase II segera berakhir,
sehingga diperlukan upaya untuk menjaga dan melanjutkan hasil capaian Progm Coremap II Kabupaten Kepulauan Selayar dari tahun 2005 – 2011.
Dengan acuan tersebut, maka dilakukan Workshop Exit Strategi Pasca Program, dengan menghadirkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili Sekda, H Zainuddin SH MH, sekaligus membuka workshop tersebut dengan peserta sebanyak 30 orang, terdiri dari utusan desa binaan Coremap yang berlangsung di Hotel Selayar Beach, Jumat (28/1).
PPK Coremap II Kabupaten Kepulauan Selayar, Aguslien CH SP, dalam laporannya mewakili peserta yang direkur adalah dari fasilitator desa sekaligus sebagai desa binaan, dengan berbagai jenis usaha diantaranya kelompok budidaya serta khusus kelompok perempuan.
Coremap juga kata dia, memiliki Tim MCS yang memang bertugas khusus melakukan monitoring controling dan surveylance, serta empat komponen lainnya yang ada di Coremap, agar pemkab juga lebih peduli terhadap keselamatan terumbu karang.
Sekda Kabupatn Kepulauan Selayar, H Zainuddin SH MH, mewakili bupati mengatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari 130 pulau berdasarkan data survey Dinas Perikanan Kelautan Selayar, didominasi wilayah perairan yang luasnya sekira 80% perairan.
Olehnya itu kata Sekda Zainuddin, dengan wilayah perairan yang luas melalui bimbingan Coremap Selayar dengan semua komponennya, maka diharapkan warga Selayar khususnya nelayan, memanfaatkan segala potensi perairan yang dimiliki dengan catatan harus ramah lingkungan atau tidak mengganggu kelestarian terumbu karang. (*/upol/R)