>Satu Jamaah Wafat di Perjalanan Makkah-Madinah


>Seorang jamaah asal kloter 48 embarkasi Solo, Umi Sa’diyah binti Radiosastro (65) wafat dalam perjalanan dari Makkah menuju Madinah, Jumat (27/11/2010) dini hari.

Umi wafat saat kendaraan hampir sampai di Terminal Hijrah, Madinah. “Memang sejak berangkat dari Makkah dia sudah sakit-sakitan dan tidak ada semangat,” kata Ketua Kloter 48 SOC, Aidi Johansyah saat ditemui wartawan di Kantor Sektor 1 Madinah.

Menurut Aidi, saat di dalam bus, Umi memang sudah dalam kondisi lemas. Dia juga dalam kondisi payah usai menjalani proses Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Selain kondisi yang lemah, Umi juga memiliki riwayat sakit sejak dari Tanah Air.

Saat sampai di Terminal hijrah dan ingin dicek oleh tim dokter, nyawa Umi sudah tidak tertolong lagi. “Dia punya riwayat sakit. Anaknya juga sudah ikhlas,” ujar Aidi.

Dengan berkurangnya satu jamaah, maka jumlah jamaah kloter 48 Solo yang berasal dari Kota Sleman ini berkurang menjadi 373 orang dari 378 orang. Sedangkan sisa lainnya, ada jamaah yang sakit dan menjalani perawatan medis di RSAS. “Ada juga yang pulang dini karena mendapat tugas dari kantor,” tegas Aidi.(ful)