>Larangan Premium 1 Januari Berlaku Nasional


>Pembatasan BBM bersubsidi awal tahun depan berlaku untuk nasional.  Ini berbeda dengan wacana semula bahwa larangan menggunakan BBM bersubsidi itu rencananya hanya berlaku di Jabodetabek.

Pemerintah siap melaksanakan kebijakan itu, termasuk perangkat yang akan dioperasikan, mulai dari stiker hingga petugas operasional di lapangan. “Pembatasan ini langsung berlaku nasional, tidak seperti wacana awal yang hanya Jabodetabek,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat 26 November 2010.
Namun, Hatta belum bisa memastikan jenis larangan yang akan diterapkan, apakah larangan penggunaan BBM bersubsidi berlaku bagi semua mobil pribadi dan mobil keluaran 2005 ke atas. Sebab, itu bergantung pada persetujuan DPR.

Ia meyakini Pertamina telah mempersiapkan jauh hari seperti mengurangi pasokan BBM subsidi Premium dan mengganti Pertamax di wilayah tertentu. Hal ini dilakukan sementara di Jabodetabek, karena wilayah luar Jawa lebih kecil cakupannya.

Hatta meyakini pelaksanaan per 1 Januari 2011 nanti tidak akan ada kendala, kecuali memang ada yang berniat buruk. Namun demikian antisipasi atas gangguan sistem ini juga dikatakan telah siap.

“Sebagus apapun sistem itu, kalau ada niat jahat tetap bisa dirusak, tapi memang kita harus punya sistem agar kejahatan itu tidak gampang dilakukan,” katanya.

Terkait permintaan DPR agar pemerintah mengajukan pilihan lain selain dua pilihan yang diajukan ke DPR, Hatta mengatakan bahwa tidak ada lagi. “Dua opsi itu adalah yang terbaik, kalau lainnya apalagi?,” kata Hatta balik bertanya. (hs)