>Wali Kota: Jangan Tiru Anggota DPRD


>

Ke Luar Daerah Saat Pembahasan RAPBD
tribun/Mansur

Ketua Komisi B DPRD Makassar, Sri Rahmi (PKS) bersama sejumlah anggota komisi menerima aspirasi warga Jl Hati Murni, Makassar, di DPRD Makassar, Selasa (23/11). Warga menolak jalanannya dijadikan area parkir Pasar Senggol, Jl Cenderawasih.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menginstruksikan seluruh pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup pemkot agar tidak keluar daerah saat pembahasan RAPBD 2011 

    “Saya sudah minta SKPD tidak ke luar daerah saat pembahasan anggaran. Agar pembahasannya tepat waktu,” kata Ilham di Makassar. Kemarin adalah hari pertama Ilham kembali masuk kantor setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.
    Saat disinggung mengenai keberangkatan komisi A dan Komisi C DPRD Makassar ke Bali-Jakarta, dan Batam, Ilham enggan berkomentar panjang.
    “Saya tidak memiliki kewenangan melarang teman-teman di DPRD untuk tidak ke luar daerah. Kewenangan wali kota hanya di SKPD agar tidak seperti itu (ke luar daerah) saat pembahasan,” kata Ilham.
    Menurut Ilham, pembahasan RAPBD bisa tepat waktu jika ada komitmen bersama antara eksekutif dan legislatif. “Susah tepat waktu jika legislatifnya ada sementara eksekutifnya tidak ada. Demikian juga sebaliknya,” kata Ilham.
    Kemarin, di gedung DPRD Makassar, Jl AP Pettarani, Makassar, badan anggaran (Banggar) DPRD Makassar kembali melanjutkan pembahasan rangkaian RAPBD 2011.
    Kali ini rapat membahas prioritas platfon anggaran sementara (PPAS) RAPBD. Sejumlah legislator banggar yang memilih “pelesiran” bersama anggota komisinya di Bali dan Batam kembali tidak hadir. (sur)

8 Legislator Masih Pelesiran   
Sebanyak delapan anggota banggar masih absen mengikuti lanjutan   pembahasan rangkaian RAPBD 2011, kemarin. Para legislator itu masih pelesiran ke luar daerah. Sebagian masih di Bali. Sebagian lagi di Batam. Batam adalah wilayah Indonesia yang sangat berdekatan dengan Singapura. Batam adalah pintu masuk ke Singapura melalui laut.
    Kedelapan legislator itu adalah Imran Mangkona (Fraksi Demokrat/Komisi A), Mudzakkir Ali Jamil (Fraksi PKS/komisi A), Kartini E Galung (Partai Gerindra/komisi A), serta Nurmiati (Partai Hanura/komisi A). Keempatnya ke Bali lalu ke Jakarta untuk belajar pengelolaan aset daerah.
    Empat lainnya; Bakhrif Arifuddin (Partai Demokrat/komisi C), Adi Rasyid Ali (Partai Demokrat/ketua komisi C), Amar Busthanul (Gerindra/komisi C), dan Zaenal Dg Beta (Fraksi PAN/komisi C) ke Batam. Selaku ketua komisi, Adi menyatakan kunjungan ini tidak bisa ditunda karena sudah terjadwal.
    Para wakil rakyat ini melewatkan satu tahapan pembahasn RAPBD, yakni kebijakan umum anggaran (KUA) yang telah selesai dibahas. Sementara pembahasan PPAS mengenai asumsi anggaran yang akan digunakan selama 2011.
    Koordinator Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia, Syamsuddin Alimsyah, menilai ulah legislator yang lebih memilih keluar daerah dibanding rapat di DPRD adalah tindakan memalukan dan menyakiti masyarakat. (sur)

Mereka Masih Pelesiran
– Imran Mangkona (Fraksi Demokrat/Komisi A)
– Mudzakkir Ali Jamil (Fraksi PKS/komisi A)
– Kartini E Galung (Partai Gerindra/komisi A)
– Nurmiati (Partai Hanura/komisi A)
– Bakhrif Arifuddin (Partai Demokrat/komisi C)
– Adi Rasyid Ali (Partai Demokrat/ketua komisi C)
 – Amar Busthanul (Gerindra/komisi C)
– Zaenal Dg Beta (Fraksi PAN/komisi C) 

Tribun Timur