>Inilah 3 Penegak Hukum Indonesia yang Baru


>

Laporan: tribunnews.com
kompas.com

calon pemimpin KPK Busyro Muqodas dan Bambang Widjojanto.

Kamis, 25 November 2010 | 21:25 WITA

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM – Dalam waktu dekat, masyarakat Indonesia akan mempunyai tiga pemimpin lembaga penegak hukum baru. Ketiganya yakni, Jenderal Timur Pradopo sebagai Kepala Polri, Muhammad Busyro Muqoddas sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Basrief Arief sebagai Jaksa Agung.

Presiden SBY mengangkat Basrief Arief sebagai Jaksa Agung menggantikan Hendarman Supandji, selang beberapa menit Busjro Muqoddas terpilih sebagai Ketua KPK dari hasil voting di DPR. “Dengan berbagai pertimbangan, telaah yang telah saya lakukan serta mendengarkan pandangan dari berbagai pihak termasuk dari wapres maka saya menetapkan untuk mengangkat Basrif Arief untuk menjadi Jaksa Agung RI,” kata Presiden SBY saat menggelar jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (25/11/2010).

Dijadwalkan, Presiden akan melantik Basrief Arief pada Jumat (26/11/2010) besok. Sebelumnya pada 22 Oktober 2010, Presiden sudah lebih dulu melantik Timur Pradopo sebagai Kapolri menggantikan Bambang Hendarso Danuri yang memasuki masa pensiun.

Ke depan, baik Timur, Busjro maupun Basrief mempunyai tugas yang lebih berat dalam sistem penegakan hukum di Indonesia. Sejumlah kasus yang menjadi pusat perhatian publik masih belum dituntaskan di institusi mereka masing-masing.

Kasus-kasus itu di antaranya kasus Century dan kasus travel cek di KPK, serta kasus Gayus Tambunan yang diduga melibatkan oknum polisi dan jaksa di Polri dan Kejaksaan Agung.(*)

Tribun Timur

Iklan