>Malam Ini Calon Pimpinan KPK Jalani Tes Makalah


>Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (24/11) besok. Sebelum melakukan uji, dua calon pimpinan KPK akan menjalani tes makalah di Komisi Hukum pada Selasa malam ini.

Menurut Ketua Komisi Hukum Benny Kabur Harman, makalah bukan satu-satunya alat ukur penilaian. Meski begitu, Komisi Hukum akan melakukan tes ini terhadap dua calon, yaitu Bambang Widjojanto dan Busyo Muqoddas.

Tes akan dilaksanakan pada 19.30 WIB dengan bertempat di ruang Komisi Hukum. “Sejam buat makalahnya. Tes berkaitan dengan KPK, menurut mereka bagaimana, mereka mau jadi pimpinan KPK kenapa,” kata Benny tentang soal tes.

Setelah tes tulis itu, pada Rabu siang pukul 14.00 WIB Bambang dan Busyro akan diuji kepatutan dan kelayakan di depan forum Komisi Hukum. Diperkiarakan, uji ini akan berlangsung hingga malam hari.

Penentuan siapa yang mendapat tiket jadi pimpinan KPK akan dilakukan Komisi Hukum pada Kamis esok harinya. Agenda Kamis ini juga akan menentukan siapa yang jadi Ketua KPK.

Sejauh ini Komisi Hukum berpendapat masa jabatan ketua terpilih hanya satu tahun. Alasan empat tahun oleh Panitia Seleksi KPK yang menyatakan masa tugas Ketua KPK terpilih empat tahun dianggap tidak masuk akal. “Pertimbangan efisiensi itu nggak masuk akal,” kata dia.

Alasannya, kata Benny, ketua baru yang bakal terpilih hanya melanjutkan masa tugas Ketua KPK yang digantikan. “Kami ini mencari calon pimpinan KPK pengganti. Pengganti mengisi sisa jabatan yang diganti,” ucapnya.

AMIRULLAH