>Kementerian PU Siapkan Anggaran Bencana


>Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menyatakan telah menyiapkan anggaran untuk alokasi korban bencana alam. Anggaran tersebut diambil dari dana bantuan darurat Kementerian Pekerjaan Umum.

“Kami memiliki dana bantuan darurat yang sifatnya bisa dipakai sewaktu-waktu bila ada bencana. Tapi kalau masa tanggap darurat telah selesai ya kami masukkan normal untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di tahun 2011,” katanya saat dihubungi Tempo, Selasa (23/11).

Namun ia tak menyebutkan berapa jumlah yang disiapkan dalam dana bantuan darurat tersebut. “Nilainya macam-macam, tapi sudah siap secara bertahap. Misal di Direktorat Jenderal Bina Marga kalau ada bencana bisa segera dicairkan,“ katanya. Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta setiap Kementerian mengalokasikan anggaran untuk korban bencana di Indonesia.

Dana Kementerian Pekerjaan Umum di APBN 2010, sebelumnya sempat diblokir Kementerian Keuangan. Namun Hermanto mengatakan, sudah menerima pencairan dana sebesar Rp 338 miliar dari seluruhnya p 1.9 triliun. Menurut Hermanto, uang itu akan digunakan untuk membayar angsuran tunggakan hutang kepada kontraktor pelaksana pembangunan Jembatan Suramadu yang jumlah seluruhnya mencapai Rp 932,04 miliar.

Kementerian Pekerjaan Umum telah melayangkan surat kepada Kementerian Keuangan untuk menyelesaikan pembayaran hutang kontrak proyek Jembatan Suramadu kepada kontraktor Cina. Ini dilakukan pemerintah karena hutang pinjaman kepada Cina untuk pembangunan jembatan tersebut sudah ditutup sejak 12 Oktober 2010 lalu, sehingga proses pembayaran sudah harus dilakukan secepatnya.

ROSALINA