>Astronom Temukan Planet Alien


>

Para astronom mengklaim telah menemukan planet ‘alien’ yang berasal dari luar galaksi kita. Planet seukuran planet Jupiter itu kemudian diberi nama HIP 13044 b.

Planet baru ini ditemukan Dr Johny Setiawan, astronom asal Indonesia yang bekerja bersama timnya di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Heidelberg, Jerman.

Menggunakan alat canggih spectrograph teleskop 2,2 meter milik European Southern Observatory’s La Silla Observatory di Chile, mereka akhirnya menemukan planet baru tersebut.

Planet baru ini tergolong aneh karena hanya mengandung sedikit elemen kimia tapi sudah membentuk sebuah planet.

Selain itu, Planet HIP 13044 b yang baru ditemukan ini hanya membutuhkan waktu 16 hari mengelilingi bintang induknya. Bintang itu sendiri sudah melawati fase red giant dan akhirnya mati karena kehabisan hidrogen.

“Penemuan ini sangat menarik ketika kita mempertimbangkan masa depan sistem planet kita sendiri. Seperti Matahari, dia juga akan memasuki masa red giant sekitar lima miliar tahun,” kata Johny Setiawan, yang memimpin penelitian.

“Kami akan terus mencari exoplanet yang mengorbit di sekitar bintang-bintang pasif” ujar Johny kepada Science paper.

Exoplanet planet merupakan planet yang mengorbit di luar tata surya kita, di luar galaksi Bima Sakti. “Penemuan planet baru ini membangkitkan semangat kami. Letaknya sangat jauh dari bumi, sekitar 2.000 tahun cahaya” kata Johny.

Pemburu planet sejauh ini telah berhasil menjaring hampir 500 planet di luar tata surya. (*/BBC)


Editor: iwan_ogan