>11 JCH Embarkasi Makassar Wafat


>

Jemaah calon haji (JCH) Indonesia yang wafat di Tanah Suci, terus bertambah. Hingga, Jumat, 12 November jemaah Indonesia yang wafat sudah 91 orang.

Dari 91 jemaah tersebut, terdapat 11 orang jemaah dari Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar. Mereka adalah Ibrahim Adam Bin Adam Nafaur, Panaco Bin Tebbah, Lahame Hamzah Bin Laobase, Yahya Wanci Bin Usman. Jemaah lainnya, Abdullah Gafar Bin La Djirah, Sahabu Bin Kauni,

Hasma Abidul Ibaad Binti Abidul, Sitti Salmah A.Ma.Pd Binti Naci, Zainal Arifin Hs Bin H Hibbusyam, Safar Bin Bisnu, dan Sumiyati Binti Sudarman.

Berdasarkan data siskohat, jumlah itu terdiri dari 59 pria dan 32 orang wanita. Mayoritas jamaah wafat akibat penyakit sistem sirkulasi yang mencapai 69 orang.
Kemudian 12 orang wafat karena penyakit sistem pernapasan, delapan orang karena penyakit infeksi, satu orang karena penyakit neoplasma, dan satu orang karena penyakit sistem saraf.

Usia jamaah yang wafat yang terbanyak, di atas 60 tahun sebanyak 58 orang, berusia 50-59 tahun sebanyak 26 orang, usia 40-49 tahun sebanyak tujuh orang. Tempat jamaah wafat, 59 orang di Mekah, 28 orang di Medinah, tiga orang di perjalanan, dan satu orang di Jeddah. (bs)