>Seleksi CPNS Ditangani Universitas Indonesia Puluhan Pelamar Tidak Lulus Berkas


>Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, akhirnya memutuskan untuk bermitra dengan Universitas Indonesia (UI) pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sulsel. Pertimbangannya, UI merupakan perguruan tinggi negeri yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi.
“Yang mengajukan dua perguruan tinggi negeri, UI dan Universitas Padjajaran Bandung. Tapi, setelah beberapa pertimbangan dan juga petunjuk dari gubernur, UI yang dipilih,” ungkap A Muallim, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Kamis (18/11).
Rencananya, kontrak kerjasama antara Pemprov Sulsel dan UI akan ditandatangani hari ini, Jumat (19/11). Sehingga, secara sah, UI akan menjadi lembaga yang akan membuat soal sekaligus memeriksa lembar jawaban para pelamar CPNS Sulsel.
“Kalau tidak ada halangan, besok (hari ini, red), kesepakatan kerjasamanya ditandatangani,” ujarnya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel, A Murny Amien Situru, yang dihubungi terpisah, Kamis (18/11), membenarkan jika UI yang menjadi lembaga pembuat soal CPNS. Namun, ia enggan berkomentar lebih jauh terkait dipilihnya UI sebagai mitra Pemprov Sulsel.
“Untuk lebih jelasnya, silahkan konfirmasi sama Pak Sekprov,” katanya.
Terkait jumlah berkas yang masuk di Pemprov Sulsel, A Murny mengatakan, hingga Kamis (18/11) siang, Pemprov Sulsel sudah menerima berkas sekira 2.000 berkas.
“Enam ratus berkas diantaranya sudah kami proses, tapi belum bisa kami jelaskan hasilnya,” jelasnya.
Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar, Sittiara, Kamis (18/11) mengatakan, hingga hari keempat penerimaan berkas di Pemkot Makassar, sudah ada puluhan yang tidak lulus berkas.
Adapun penyebab tidak lulus berkasnya pelamar CPNS tersebut, diantaranya ijazah pelamar tidak dilegalisir pihak yang berwenang, Indeks Prestasi Kumulati (IPK) tidak cukup sesuai yang diisyaratkan, Perguruan Tinggi (PT) yang tidak terakreditasi, serta tidak menggunakan cap stempel basah.
Untuk itu, Sittiara menghimbau kepada semua pelamar CPNS benar-benar melengkapi berkas sesuai yang dipersyaratkan.