>Desa Barugaiya Akan Dibedah


>Salah Satu Desa dari Enam Kabupaten di Indonesia, Dijadikan Pusat Industri Kelapa Terpadu, Bappeda L
Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai, masuk sebagai salah satu desa yang akan dibedah, melalui program Bedah Desa dari Kementerian Pengembangan Daerah Tertinggal (PDT).

Desa Barugaiya, merupakan salah satu desa dari enam desa di enam kabupaten di Indonesia yang mendapat program tersebut. Sebagai respon cepat, Plt Kepala Bappeda Kepulauan Selayar, Drs Musytari MM, langsung melakukan survey dibeberapa lokasi di Desa Barugaiya, yang melibatkan seluruh SKPD di Selayar.
Dia didampingi Kabid Tata Ruang Dinas PU, MY Krg Tompobulu. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui titik-titik mana di desa tersebut yang akan dibenahi. Misalnya, sarana pendidikan, kesehatan, olahrga dan lain sebagainya.
Untuk mengoptimalkan hal itu, maka dilibatkan juga unsur pemerintah desa, mulai Kepala Desa Barugaiya, Muh Sapri, para kepala dusun dan tokoh masyarakat dan dikumpulkan dalam satu pertemuan.
Dalam pertemuan itu, beberapa usulan disampaikan langsung para kepala dusun, anggota BPD serta tokoh masyarakat, sebagai aspirasi untuk selanjutnya diteruskan ke Kementerian PDT. Bukan hanya itu, Desa Barugaiya juga akan dijadikan Pusat Industri Kelapa Terpadu, yang sebelumnya sudah masuk perencanaan. Plt Kepala Bappeda, Drs Musytari MM, mengatakan diharapkan Desa Barugaiya mampu mengikuti lomba desa pada tahun-tahun mendatang. ()