>Jelang Idul Adha, Penumpang Feri Di Pelabuhan Bira Meningkat


>Berbeda dengan perayaan shalat idul adha tahun-tahun sebelumnya. Lonjakan penumpang arus mudik lebaran idul adha tahun ini mendadak menunjukkan peningkatan drastis. Terbukti, sampai H -3 Perayaan Idul Adha 1431 H, PT. ASDP  berhasil memberangkatkan sedikitnya seribu lima ratusan orang penumpang dari Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar dengan mengerahkan dua unit armada kapal ferry milik PT. ASDP yakni, KMP. Bontoharu dan KMP. Belida.
Menurut Manager operasional PT. ASDP, Jamaluddin, “Hari Minggu, (14/10), diperkirakan menjadi puncak arus mudik lebaran idul adha tahun 2010. Bersamaan, dengan diberangkatkannya, 12 unit armada bus AKDP tujuan Selayar, berikut 73 unit kendaraan pribadi, ditambah 13 unit angkutan barang jenis truk, dan 265 unit kendaraan roda dua”.
“Alhamdulillah, pengoperasian dua unit kapal ferry yang dilakukan dalam empat trip pelayaran ini sangat efektif. Terbukti. tak satupun kendaraan pemudik yang tidak terakomodir naik ke kapal”. Setelah, pada pukul 20.00 WITA, KMP. Belida bertolak meninggalkan Pelabuhan Bira dengan mengangkut sedikitnya 25 unit kendaraan pribadi menuju Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar.
Kendati telah dipastikan, bahwa puncak arus mudik lebaran idul adha 1431 H, jatuh pada hari, Minggu (14/10). Akan tetapi,  PT. ASDP  tetap melakukan langkah antisipasi dengan menyiagakan dua unit armada kapal ferry sampai hari Selasa (16/11).
Hal ini dilakukan terkait dengan prediksi masih akan terjadinya kepadatan arus mudik lebaran pada hari Senin, (15/11). Meski volumenya diperkirakan tidak akan sepadat hari Minggu (14/11) 2010 kemarin. Terkait persoalan jadwal pemberangkatan kedua kapal ferry ini, Jamal menegaskan, “tidak ada jadwal khusus yang disiapkan PT. ASDP selama berlangsungnya arus mudik lebaran Idul Adha 1431 H”.
PT. ASDP telah berupaya melakukan pemberangkatan sama dengan hari-hari biasanya. Dimana, KMP. Bontoharu bertolak meninggalkan Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar menuju Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba, sekira, pukul 10.00 WITA. Dari Pelabuhan Bira, KMP. Bontoharu kembali bertolak menuju Pelabuhan Pamatata pada pukul 15.30 WITA.
Namun, akibat terjadinya lonjakan penumpang arus mudik lebaran Idul Adha PT. ASDP terpaksa melakukan perubahan jadwal pelayaran tiba-tiba untuk kapal ferry KMP. Bontoharu, yang harus bertolak meninggalkan Pelabuhan Pamatata sekira pukul   08.00-12.30.
Dari Pelabuhan Bira, KMP. Bontoharu diberangkatkan pada pukul 10.30 dan pukul   15.30 WITA. Sementara itu, KMP. Belida sendiri diberangkatkan dari Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba pada Pukul 13.00 dan Pukul 20.00 WITA.       Sungguhpun KMP. Belida tidak memiliki jadwal pelayaran untuk melayari route Pelabuhan Bira-Pamatata. Namun dengan pertimbangan, mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang jelang perayaan Idul Adha 1431 H kapal ferry KMP. Belida siap diperbantukan untuk melayani route penyeberangan Pamatata-Bira.(R.05)