>Ranperda Inisiatif Terancam Tidak Selesai


>Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif usulan DPRD Kota Makassar yang sedianya dirampungkan tahun ini terancam tidak selesai. Penyebabnya, salah satu perda inisiatif yakni Ranperda RTH yang telah dipansuskan. Namun belum diparipurnakan karena menunggu penyelesaian revisi RTRW.
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Makassar, Bakhrif Arifuddin saat dikonfirmasi Upeks mengatakan, de-wan optimis dapat menyelesaikan Ranperda inisiatif yang telah diusulkan. Salah satunya, Ranperda RTH yang saat ini tinggal menunggu untuk diparipurnakan.
“Kinerja dewan dapat diukur dengan adanya produk Perda yang dihasilkan. Memang baru Non Perda yang sudah diketuk palu. Khusus Perda inisiatif dewan belum mengesahkan. Seperti Ranperda RTH yang tinggal finalisasi segera diparipurnakan,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPRD Kota Makassar, Irwan ST mengatakan, dari 4 Ranperda inisiatif dewan, 3 belum dipansuskan. Hanya Ranperda RTH yang telah dipansuskan. Se-karang tinggal dirampungkan.
“Hasil konsultasi dengan Depdagri disarankan agar tetap dituntaskan. Tidak mesti harus menunggu revisi Perda RTRW. Ranperda RTH tetap berjalan untuk diselesaikan legal drafting. Sementara masuk dalam penyusunan pasal-pasal. Sehingga saat ketuk palu revisi Perda RTRW perda RTH juga ikut bersamaan disahkan,” papar legislatof asal PKS.