>KTP Elektronik Dirancang di Selayar


>Sosialisasi Pemutakhiran Data Penduduk Gencar Dilakukan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Selayar, mulai 2011 mendatang, akan memberlakukan penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan akan diberlakukan secara nasional.

Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, adalah sosialisasi pemutakhiran data penduduk hingga akhir Desember 2010, sebagai persiapan menuju pemberlakuan KTP elektronik 2011, dan saat ini sudah mulai dilakukan pelayanan kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Selayar, Nur Ali SH, kepada wartawan di kantor Disdukcapil, Rabu (3/11).
Dikatakan bahwa seka-rang ini, baru tahap sosialisasi dan tentang pelaksanaannya menunggu instruksi dari pusat. Oleh karena itu, langkah kearah itu telah dilakukan, beberapa diantaranya pendataan jumlah penduduk hingga ke tingkat dusun dan melibatkan seluruh stakecholder.
Selain sudah dilakukan pendataan, juga sekaligus diadakan pengecekan di lapangan dan diharapkan rampung hingga pertengahan Desember. Sementara jumlah penduduk hingga saat ini di Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui versi Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Selayar sebanyak 121.905 jiwa, sementara versi Disduk Capil per tahun 2008 sebanyak 136.626 jiwa.
Kadisduk Capil Selayar, Nur Ali, juga menyampaikan bahwa terjadinya perbedaan jumlah penduduk di dua lembaga ini, karena masing maing menggunakan sistem yang berbeda, kalau data penduduk versi BPS menganut sistem jumlah penduduk pada saat pendataan (the facto), sementara Disdukcapil menganut sistem selama penduduk bersangkutan belum ada permohonan pindah tetap dianggap sebagai warga (the yure). Dengan demikian menurutnya, tidak akan pernah sama hasil pendataan tersebut dengan sistem yang berbeda. ()