>Pemprov Segera Benahi Pelabuhan Bira


>MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan memperbaiki Pelabuhan Penyeberangan Bira di Kabupaten Bulukumba yang kondisinya tidak laik operasi.Pasalnya kolam pelabuhan kini mengalami pendangkalan.

Anggota Komisi D DPRD Sulsel Ince Langke mengatakan,Pelabuhan Bira diarahkan menjadi gerbang Sulsel di wilayah selatan yang menghubungkan dengan sejumlah provinsi di Indonesia timur. Pemprov telah mengajukan permohonan bantuan APBN Rp20 miliar untuk pembenahan pelabuhan. Dana tersebut akan digunakan untuk pengerukan dan memperdalam kolam pelabuhan yang kini sulit disandari feri ketika terjadi surut air laut.

Selain itu,Pemprov mengajukan anggaran perencanaan perbaikan yang tertuang dalam usulan di APBD Perubahan 2010 sebesar Rp200 juta. “Pendanaan perbaikan pelabuhan ini ada dua sumber, khusus APBN difokuskan pada perbaikan pelabuhan di wilayah lautan dengan memperbaiki tanggul pengaman, mengeruk kolam dermaga supaya kapal mudah berlabuh,” ungkapnya kemarin. Wilayah daratan menjadi tanggung jawab Pemprov mengelola tanah seluas enam hektare (ha) dengan membangun areal parkir, tempat peristirahatan, serta tempat peribadatan.

Ince Langke mengungkapkan, perbaikan dermaga ini mendesak dilakukan.Kondisi pelabuhan saat ini sangat menghambat proses pelayaran kapal dan akses penumpang, baik dari Kepulauan Selayar maupun Provinsi Sulawesi Tenggara, NTT,dan NTB. Untuk merapat ke dermaga, terkadang kapal feri harus menunggu hingga air pasang dan kondisi kedalaman kolam memenuhi syarat untuk disandari kapal.

“Di sana kapal tiba pukul 14.00 Wita nanti pada pukul 21.00 Wita baru penumpang bisa turun.Itu karena kondisi air yang surut dan semakin tingginya pendangkalan di areal dermaga,”paparnya. Kendati kerap terkendala masalah pendaratan,aktivitas masyarakat yang menggunakan dermaga itu per hari mencapai 500 orang dengan pelayan kapal feri dua kali sehari.Perbaikan diharapkan bisa dilakukan awal 2011. (SI-suwarny dammar)