>Drainase Gagal, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang Air Hujan


>Sejumlah titik ruas jalan di dalam kawasan kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, kembali terendam genangan air hujan dalam tiga hari terakhir. Sepertihalnya yang terlihat, di ruas jalan Pelabuhan Dermaga Rauf Rahman.
Kondisi serupa juga terlihat di ruas jalan Panggilian dan jalur menuju rumah sakit umum Kabupaten Kepulauan Selayar. Bahkan, akibat derasnya curah yang melanda daerah ini, beberapa titik jalan poros di dalam wilayah kota Benteng terpantau mulai berlubang.
Sebut saja diantaranya, jalan poros Sultan Hasanuddin dan Kelurahan Putabangung, Kecamatan Bontoharu. Dimana, kondisi ini kuat dugaan dipicu oleh tidak berfungsi optimalnya drainase di seputaran Kota Benteng. Akibatnya, sejumlah titik pemukiman wargapun harus ikut terendam genangan air hujan.
Menanggapi kondisi ini, Ketua FPS, Arsyil Ihsan menyarankan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bisa menciptakan lahirnya suasana kota teduh bebas banjir, dengan mengatap kawasan kota Benteng. Karena pihaknya menilai, selama kurun waktu lima tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar gagal memprogramkan pembangunan drainase yang hanya dijadkan kambing hitam dalam persoalan banjir ataupun rendaman genangan air hujan.
Arsyil menandaskan, proyek pembangunan drainase tidak lebih dari sekedar kegiatan pemborosan anggaran yang ujung-ujungnya memicu percepatan kerusakan jalan. Gitu aja kok repot, seharusnya, Mbok yah, pemerintah kabupaten harusnya, melibatkan tenaga ahli yang menguasai teknis pembangunan drainase agar kondisi ini tidak terus terulang, tegasnya.
Pernyataan berbeda diungkapkan Koordinator Forum Journalis Bahari (Forjubi) Wilayah Indonesia Timur, Ir. Supardi yang menyesalkan tidak lagi difungsikannya bangunan drainase peninggalan Pemerintah Belanda. Menurutnya, kota Benteng baru akan bisa terbebas dari genangan air, hujan bila Pemkab Kepulauan Selayar, mengadopsi rencana pembangunan drainase yang diterapkan Pemerintah Amsterdam sebagai negara percontohan di bidang pengaliran air, tegas pria yang akrab disapa Itto ini. (fadly syarif)