>Hujan Terus Mengguyur Wilayah Selayar, Warga Kepulauan Siap Siap Hadapi Musim barat.


>

Hujan terus mengguyur wilayah kabupaten kepulauan selayar, sejak rabu (27/10) lalu.  Sejumlah  lokasi pemukiman di 11 wilayah kecamatan , baik di wilayah kecamatan daratan dan kepulauan terus di guyur hujan, kendati di informasikan bahwa hujan yang mengguyur tidak terus menerus dalam 3 hari terakhir, namun hujan turun seperti di jadwal setiap 2 sampai dengan 4 jam berselang hujan kemudian mengguyur lagi.  Khusus Benteng, ibukota kabupaten kepulauan selayar hujan mengguyur selama 3 hari ini telah menyebabkan sejmlah lokasi pemukiman terendam air hujan. Walaupun belum di kategorikan sebagai banjir namun warga telah mulai was was dengan kondisi yang ada. Khususnya bagi warga yang berdomisili di lokasi lokasi rawan banjir sungai seperti di bantaran sungai bua-bua dan bantaran sungai di sekitar pabbatuang selatan.  Malah dilokasi pemukiman bonehalang selatan telah terndam sejak hari kamis kemarin. Menurut sejumlah warga yang di temui, bahwa kondisi ini telah biasa dirasakan pada setiap musim huja tiba, pasalnya drainase di lokasi ini gagal akibat tidak mengalir seperti yang di harapkan.  
Sementara itu, disejumlah wilayah kecamatan kepulauan sejumlah warga yang berdomisili wilayah pantai barat terpantau telah mem[ersiapkan sejumlah tameng angin musim barat yang sebentar lagi akan tiba. Patta Rapik salah seorang warga yang cukup di kenal dikecamatan pasimasunggu yang di hubungi media ini menjelaskan bahwa warga kepulauan setiap tahunnya hanya bisa pasrah dan berdoa karena musim  angin barat dan hujan yang akan melanda dalam beberapa hari ke depan adalah sebuah rutinitas  tahunan. Dan yang penting di ketahui bahwa musim angin barat adalah sebuah masa yang paling  di khawatirkan oleh warga wilayah kepulauan setiap tahunnya, pasalnya perairan laut kepulauan selayar pada musim ini selalu menelan korban jiwa maupun harta benda,baik itu warga kepulauan selayar sendiri ataupun kiriman korban dari wlayah perairan di sebelah barat kabupaten kepulauan selayar tandas Patta Rapik.  
Junaedi, Koordinator Badan SAR  Nasional Selayar, saat di hubungi menjelaskan bahwa saat ini memang hujan akan selalu mengguyur wilayah kabupaten kepulauan selayar, pasalnya musim panca roba telah akan berakhir dan musim akan berubah ke musim angin barat. Di prediksi bahwa musim barat tahun ini, akan lebih kencang dibanding musim barat tahun lalu, sehingga tim SAR Selayar lebih aktiv melakukan pantauan dan monitoring ke sejumlah wilayah wilayah yang di angap sebagai titik rawan terpaan ombak dan angin. Memang sekarang belum terlihat jelas, namun pada beberapa hari ke depan semuaakan bias berubah, ujar Junaedi.