>Indonesia Sementara Berduka, Gubernur Sul-Sel Nikmati Wisata Pantai Takabonerate


>

Sementara Indonesia berduka, orang tertinggi dalam jajaran pemerintah propinsi Sulawesi-selatan malah membuka event wisata di kawasan takabonerate kabupaten kepulauan selayar,  dalam takabonerate islands ekspeditions 2010 yang menelan anggaran Miliaran rupiah. Misalnya pada hari Rabu (27/10) di saat presiden dan sejumlah pejabat Negara ini meninjau lokasi bencana di mentawai dan bencana gunung merapi,  di Kabupaten kepulauan selayar Sulawesi-selatan, Gubernur dan sejumlah pejabat daerah ini mengikuti event wisata bahari di kawasan nasional takabonerate, kendati pada saat tersebut kondisi cuaca tidak menunjang. Rabu (27/10) siang, helicopter gubernur sul-sel yang mendarat di alun alun pemuda benteng kepulauan selayar dihadang hujan lebat, bersamaan di saat sejumlah pejabat negara mengungjungi kepulauan korban tsunami mentawai di sumatera.  Kemudian  disaat Gubernur dan ketua dprd sul-sel serta sejumlah pejabat daerah bergembira ria di pantai  pulau tinabo pada sore harinya, bersamaan dengan PMI memberikan sumbangan kepada korban merapi.
Ironis dan banyak mendapat kecaman dari sejumlah aktivis di kabupaten kepulaua selayar. Di antaranya Arsil Ihsan, Ketua FPS, menyayangkan hal ini. Presiden saja setelah mendengar ada bencana yang menelan banyak Koran dan merupakan bencana besar, langsung merubah jadwal dan menunju lokasi bencana, apalagi semisal jabatan gubernur, seyognya Gubernur kita di sul-sel memiliki dan  mempunyai rasa solidartas kepada rekanya Gubernur Jateng dan Gubernur Sumbar atas kejadian ini, Contohlah gubernur Jatim yang langsung memberikan bantuan dan dukungan moral kepada warga korban merapi, ujar Arsil Ihsan.
Hal ini juga di sebutkan oleh kalangan muda selayar, dimana seharusnya SYL bisa lebih tahu bahwa, event takabonerate islands ekspedition yang di danai Miliaran ini, manfaatnya  tidak menyentuh langsung pada masyarakat kepulauan selayar, malah gaung dari event yang di sebut bertaraf internasional ini sama sekali tidak ada dan tidak terdengar di tengah masyarakat selayar daratan, ujar Supardi Idris yang mengaku sebagai orang dekat SYL pada saat pilgub yang lalu. Malah dirinya sangat menyayangkan ketika mendengar bahwa Pak Gubernur Sul-Sel malah berwisata pantai di saat sebagian warga Indonesia ini sementara berduka atas bencana yang terjadi di Mentawai dan Merapi.
Tidak ada satupun sarana atau alat untuk bisa menghubungi pihak pihak terkait yang dapat di konfirmasi terkait hal ini. Nomor kadis pariwisata Sul-Sel juga tidak aktif dan termasuk humas pemprov juga tidak dapat kami hubungi.
Operator komunikasi 2 M Band yang ada di atas kapal KRI  Surabaya yang pada sore  harinya terdengar di perlengkapan komunikasi amatir kepulauan selayar  mengkomunikasikan bahwa sekitar pukul 16.00 wita pada hari kamis (28/10), KRI Surabaya bertolak meninggalkan kawasan takabonerate melalui selat selayar menuju makassar dengan  mengangkut rombongan wakil gubernur sul-sel dan menyampaikan bahwa Bapak Gubernur telah lebih dahulu menuju makassar dengan menggunakan helikopter pada pagi harinya .