>PENGGUNA JALUR PENERBANGAN SELAYAR –MAKASSAR PADAT, MASKAPAI TERKESAN SEMAU GUE.


>


Penerbangan ke bandara Aroepala Kabupaten Kepulauan Selayar dari bandara Hasanuddin Makassar semakin dipadati oleh pengguna jasa penerbangan yang sebagian besar adalah masyarakat Selayar.  Jadwal penerbangan yang pada awalnya hanya 2 kali seminggu , saat ini  telah mencapai 3 kali seminggu. Pada setiap jadwal kedatangan dan keberangkatan, bandara Aroepala terpantau selalu dipadati oleh penjemput maupun pengantar, khususnya pada hari jumat sore dimana sejumlah pengusaha, dan karyawan kantor swasta yang daerahnya di utara Makassar, memilih menggunakan jasa penerbangan yang hanya dilalui kurang 60 menit telah tiba di Makassar. Ketimbang harus melalui perjalanan 7 hingga 8 jam melalui jalur darat Belum lagi para pengguna jasa yang akan melanjutkan terbang ke Bandara Ngurah rai Denpasar, bali yang sebagian besar adalah para pebisnis.
Pada awal beroperasinya pesawat yang dioperasikan oleh salah satu maskapai penerbangan di nusantara ini , dengan kapasitas 24 penumpang lancer dan sesuai jadwal melayani pengguna jasa penerbangan selayar Makassar bali 2 kali seminggu. Karena lancar dan selalu tepat waktu maka pengguna jasa pun kemudian meningkat karena merasa terbantu oleh lancarnya penerbangan yang juga semakin lancar sebanyak 3 kali dalam sepekan,. Boleh dikatakan pesawat yang di operasikan oleh Trigana air yang melayani rute bali-makassar-selayar tidak pernah kosong dan jarang sekali dalam satu pemberangkatan atau kedatangan tidak full penumpang, bisa dilihat dari data pendaftaran tiket, ujar seorang pegawai bandara aroepala yang namanya tidak mau di tulis.
 Memasuki pertengahan tahun 2010 ini, apalagi disaat saat Persiapan pelaksanaan pemilukada selayar, yang mana sejumlah pejabat daerah dan kalangan politisi serta sejumlah elemen yang sangat terbantu oleh penerbangan route Makassar-selayar – bali, tiba tiba mengeluh atas tertundanya keberangkatan dan kedatangan pesawat yang melayani jalur ini tanpa pemberitahuan, malah beberapa kali terpaksa batal karena pesawat tidak beroperasi dengan alasan yang bermacam macam oleh pengelola. Kepala bandara M.Jabir.ST yang di hubungi melalui ponselnya, untuk di konfirmasi  terkait dengan adanya keluhan pengguna jasa penerbangan selayar – Makassar yang kerap tertunda tanpa adanya pemberitahuan lebih awal, tidak menjawab karena ponsel yang digunakan tidak aktif.
Ka.Dishubkominfo Ir.H.Arman membenarkan, bila hal seringnya armada pesawat udara yang melayani rute mengalami penundaan kedatangan dan keberangkatan akhir akhir ini,, namun belum dapat menjelaskan secara rinci apa penyebabnya.  Ir.H.Arman berjanji akan melakukan crosscheck ke kepala bandara terkait hal ini.
kebutuhan masyarakat pengguna jasa penerbangan yang menggunakan transportasi udara dari selayar atau ke selayar adalah untuk mempersingkat waktu tempuh, sehingga lebih memilih menunggu 1 , 2 ,atau 3 jam di bandara bertahan menunggu  pesawat tiba. Dalam sebuah kesempatan saat sejumlah pengguna jasa penerbangan route selayar ke Makassar kami temui sementara menunggu, tiba tiba  salah seorang yang penumpang yang juga ikut menunggu,  kemudian nyeletut dalam bahasa asli Selayar,yang selebih atau sekurangnya berarti, memang pengelola pesawat yang beroperasi sekarang semau gue, karena merasa hanya sendirian melayani rute ini, padahal kalau set ditambah , maka dijamin akan tatap penuh. Sepertinya semau guelah apa yang terjadi saat ini  (tim )